|

Rencana Aksi

Rencana Aksi merupakan instrumen utama untuk memastikan kesinambungan ide, gagasan, dan kolaborasi dalam menjalankan prinsip-prinsip pemerintahan terbuka di Bojonegoro. Pahami dan mari awasi bersama-sama implementasinya.


Rencana Aksi Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018-2020

1.

Peningkatan kualitas pelayanan publik sektor kesehatan dan administrasi kependudukan.

Deskripsi:
Sasaran Renaksi dalam sektor pelayanan kesehatan antara lain terlaksananya peningkatan pelayanan publik sektor kesehatan berbasis partisipasi publik (maklumat Bersama), dihasilkannya perencanaan dan anggaran sektor kesehatan yang berbasis kebutuhan dan aspirasi publik, serta adanya sistem informasi pelayanan kesehatan yang mudah diakses oleh publik.
Adapun sasaran Renaksi pada sektor pelayanan admistrasi kependudukan, yaitu terlaksananya peningkatan pelayanan publik sektor administrasi kependudukan berbasis patisipatif dan pemanfaatan teknologi tepat guna; seperti adanya pelayanan kependudukan secara jemput-bola, bekerjasama dengan RSU, kantor pos, dan Polres, dihasilkannya tatakelola data dan informasi yang terintegrasi sehingga memudahkan dalam pelayanan informasi publik, serta adanya system antrian layanan kependudukan secara online dan mobile, sehingga memudahkan publik dalam proses permohonan layanan.

2.

Pengurangan Kemiskinan Multidimensi.

Deskripsi:
Sasaran dari Renaksi ini adalah dihasilkannya kebijakan yang memperkuat sinergitas multipihak dalam penanggulangan kemiskinan multidimensi, meningkatnya keterbukaan, transparansi, akuntabilitas dan inovasi dalam penanggulangan kemiskinan, sehingga tepat sasasan, efektif dan efisen. Dihasilkannya singkronisasi kebijakan, startegi dan program kegiatan penanggulangan kemiskinan secara multidimensi dan multipihak, perbaikan dabase kemiskinan, serta pendampingan untuk stakeholder kecamatan dan desa dalam penanggulangan kemiskinan agar menghasilkan rencana dan anggaran yang pro-poor.

3.

Penguatan keterbukaan pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Deskripsi:
Sasaran Renaksi ini adalah adanya peningkatan keterbukaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui publikasi data/Informasi dari semua tahapan pengadaan pemerintah daerah dalam suatu platform data terbuka, terintegrasi, serta aksesibel; serta dengan meningkatkan partisipasi publik dalam monitoring pengadaan melalui pembangunan/penguatan sarana pengaduan dan mekanisme penanganan pengaduan pengadaan (khususnya di bidang infratruktur) yang partisipatif, sehingga diharapkan dapat menghasilkan pelayanan publik di bidang pengadaan yang lebih berkualitas, sesuai kebutuhan dan aspirasi publik, serta pengadaan fasilitas publik yang ramah bagi kelompok rentan (perempuan, anak dan disabilitas)..

4.

Membangun Smart City dan Keterbukaan Pemerintah Desa..

Deskripsi:
Sasaran Renaksi ini adalah dihasilkannya kebijakan dan masterplan untuk memperkuat Smart City di Kabupaten Bojonegoro, yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi publik. Adanya pemanfaatan tehnologi untuk menghasilkan pelayanan publik yang lebih responsif, efektif dan efisen. Adanya peningkatan keterbukaan, transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Desa, melalui penguatan perencanaan yang partisipatif, transparansi anggaran desa melalui sistem informasi publik yang tersedia dan mudah diakses warga.

5.

Mendorong Pembangunan yang Inklusif.

Deskripsi:
Sasaran dari Renaksi ini adalah dihasilkannya kebijakan daerah untuk memperkuat pembangunan daerah yang inklusif. Yakni pembangunan yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat (tanpa diskriminatif); responsif gender, ramah terhadap kelompok rentan (anak, disabilitas, dll). Selain itu juga adanya peningkatan transparansi dan akuntabiltas perencanaan dan anggaran yang responsif, berdasarkan basis data gender dan anak serta kelompok rentan lainnya.

Renaksi Kemitraan Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro

Learn

Tahapan Penyusunan Renaksi 2018-2020

Pada tahun 2016, Kabupaten Bojonegoro, yang dipilih oleh Pemerintah Indonesia sebagai percontohan Kemitraan Pemerintah Terbuka untuk level Sub-Nasional, dan mewakili Indonesia dalam program kemitraan pemerintah terbuka internasional untuk level sub-nasional, bersanding dengan 15 pemerintah daerah di dunia lainnya.

Sebagai percontohan pemerintah daerah yang dipilih hingga tahun 2020, dan untuk menjalankan komitmen tersebut Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menyusun dan menjalankan Rencana Aksi Kemitraan Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro Periode 2016-2017. Dan saat ini sedang proses menyusun usulan Rencana Aksi (Renaksi) Kemitraan Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro untuk Periode 2018-2020 dengan melibatkan multi-pihak, para pemangku kepentingan; OMS, akademisi, komunitas pemuda, perwakilan perempuan, kelompok disabilitas, dll.

Berdasarkan hasil koordinasi Kickoff dan Bilateral Meeting dengan Kantor Staf Presiden, Bappenas dan Sekretariat OGI (Rabu, 8 Agustus 2018), diharapkan penyusunan Renaksi rampung akhir bulan Agustus 2018.

Dari berbagai tahapan kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam penyusunan Renaksi; mulai dari evaluasi Renaksi periode sebelumnya, penjaringan aspirasi, kajian permasalahan utama Kabupaten Bojonegoro, diskusi komunitas, workshop dan working group usulan Renaksi, akhirnya pada Rapat Koordinasi yang dihadiri para pihak, pada tanggal 21 Agustus 2018, telah menghasilkan 5 (Lima) Rencana Aksi Kemitraan Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro, Periode 2018-2020, antara lain:.

Evaluasi Renaksi 2016-2017

Evaluasi Renaksi 2016-2017

Pemkab Bojonegoro bersama dengan kelompok masyarakat sipil melakukan evaluasi dan refleksi pelaksanaan Rencana Aksi Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro Periode 2016-2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa dan menilai berbagai capaian dan dampak yang diperoleh, dibandingkan dengan terget atas komitmen yang direncanakan pada periode pertama.


Selengkapnya
Penjaringan Aspirasi

Penjaringan Aspirasi

Penjaringan aspirasi dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro bersama dengan masyarakat sipil, dengan tujuan untuk menyerap aspirasi dan usulan publik dalam perumusan Renaksi Keterbukaan Pemkab Bojonegoro Periode 2018-2020.


Selengkapnya
Assessment & Kajian Isu Strategis Daerah

Assessment & Kajian Isu Strategis Daerah

Agar perumusan Renaksi Pemerintah Terbuka Kab. Bojonegoro Periode 2018-2020 lebih berkualitas, dan berdampak signifikan pada masyarakat, Pemkab Bojonegoro bekerjasama dengan kelompok masyarakat sipil melakukan assessment terhadap isu-isu strategis dan permasalahan utama di Bojonegoro.



Selengkapnya
Penyusunan Draft Usulan Renaksi

Penyusunan Draft Usulan Renaksi

Perumusan secara partisipatif terhadap Draft Usulan Renaksi 2018-2020 dilakukan pada 9 Agustus 2018 di Kantor Bojonegoro Institute, yang menghasilkan 9 (sembilan) usulan komitmen Renaksi Pemerintah Terbuka Kabupaten Bojonegoro, Periode 2018-2020.


Selengkapnya
Workshop Draft Usulan Renaksi

Workshop Draft Usulan Renaksi

Pemkab Bojonegoro bersama kelompok masyarakat sipil menyelenggarakan Workshop Draft Usulan Renaksi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Periode 2018-2020, pada 15 Agustus 2018 di Hotel Griya Dharma Kusuma.


Selengkapnya
Rakor Penetapan Renaksi

Rakor Penetapan Renaksi

Guna memantapkan rumusan Renaksi Pemerintah Terbuka 2018-2020, Pemkab Bojonegoro menyelenggarakan Rakor (Rapat Koordinasi) Penetapan Renaksi, yang diselenggarakan di Ruang Creating Room Lantai 2, Gedung Pemkab, pada Selasa, 21 Agustus 2018.


Selengkapnya
Sosialisasi, Review dan Pendalaman Komitmen

Pendalaman, Sosialisasi, Review dan Pendalaman Komitmen

Rancangan Renaksi 2018-2020 hasil Rakor diatas, disosialisasikan kepada publik, melalui media sosial dan media massa. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama kelompok-kelompok masyarakat sipil melakukan kegiatan review dan pendalaman Rancangan Renaksi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini dilakukan untuk mempertajam target-target komitmen Renaksi yang telah dihasilkan.



Selengkapnya
Penandatanganan dan Pengiriman Renaksi

Penandatanganan dan Pengiriman Renaksi

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Definitif kemudian di kirim ke Seketariat Kemitraan Pemerintah Terbuka internasional


Selengkapnya